Sejarah singkat Pizza: piring yang menaklukkan dunia

Pizza, cara yang kita kenal sekarang, adalah turunan dari focaccia (dari kata Latin untuk api), flat roti yang telah disiapkan sejak jaman dahulu dalam bentuk yang berbeda dan hiasi dengan, zaitun, lemak, kismis, madu, dan kacang.

Kata pizza di Italia mengidentifikasi jenis roti datar atau pie-goreng atau panggang. Meskipun Anda akan menemukan banyak jenis pitas atau pizza di Mediterania, adalah di Naples pizza itu dalam bentuk yang kita tahu itu hari ini pertama muncul, setelah tomat muncul di atas meja di 1700. Naples telah banyak catatan pizza sejak sekitar tahun 1000; menyebutkan pertama menyebutnya laganae flat roti ini, dan kemudian mereka disebut sebagai picea. Pada masa itu, pizza yang berpakaian dengan bawang putih dan minyak zaitun, atau keju dan ikan asin, atau ikan lokal yang kecil. Mereka dipanggang di atas api terbuka dan kadang-kadang tertutup di dua, sebagai sebuah buku, untuk membentuk calzone.

Di Naples ini juga di mana Pizzeria pertama membuka, dengan bata membakar kayu oven, ditutupi dengan lava batu dari Gunung Vesuvius. Koki dari mereka kali diabaikan pizza karena dianggap sebagai makanan orang miskin, tetapi kombinasi baru dengan tomat, ketika memasuki dapur sekitar tahun 1770-an, harus telah mengangkat beberapa rasa ingin tahu, bahkan di istana kerajaan. Ferdinand I Bourbon, Raja Napoli, mencintai makanan sederhana orang dan pergi untuk mencicipi pizza yang dibuat di toko Antonio Testa. Dia sangat menyukai bahwa dia ingin pizza untuk dimasukkan dalam menu di pengadilan. Ia gagal setelah oposisi istrinya, Ratu Maria Carolina. Anaknya Fernando II juga menyukai semua jenis makanan yang populer dan dia mencintai pizza ke titik bahwa dia menyewa Domenico Testa, putra dari Antonio sekarang terkenal, membangun oven pizza di istana kerajaan Capodimonte.

Pizza menjadi sangat populer, mendapatkan tempat dalam Neapolitan. Sederhana dan ekonomis, itu berubah menjadi makanan untuk semua orang, bahkan dijual di jalan-jalan, seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi yang banyak waktu.

Episode terkenal diperpanjang popularitas pizza luar batas-batas kota Napoli. Itu 1889, dan Margherita, Ratu Italia, mengunjungi kota. Dia diberitahu tentang pizza dan ingin rasa itu. Koki terkenal dengan nama Don Raffaele, dibantu oleh istrinya Donna Rosa, diundang untuk memasak pizza di istana. Mereka menyiapkan tiga pizza, khas dari waktu itu: satu dengan keju dan basil; satu dengan bawang putih, minyak, dan tomat; dan satu dengan tomat, kemangi, dan mozzarella. Ratu, terkesan oleh warna pizza terakhir, yang menyerupai bendera nasional, lebih suka yang satu. Sejak itu pizza ini dikenal sebagai Pizza Margherita, dan Don Raffaele dihormati dengan penemuan, bahkan jika kita tahu bahwa itu sudah ada untuk waktu yang lama.

Pada awal abad terakhir, dengan Italia imigran, Pizzeria pertama muncul juga di Amerika Serikat, di mana pizza telah menjadi fenomena massa. Namun, bahkan hari ini pizza terbaik ditemukan di Naples, di mana itu ketat dibuat dengan buffalo mozzarella. Pizza unggul dianggap orang-orang yang diperoleh dengan variasi yang moderat paling sederhana dan paling populer: Pizza Napoletana dengan tomat, bawang putih, minyak, dan oregano; Pizza Margherita; Pizza Marinara dengan tomat, ikan asin, caper dan zaitun; dan Pizza empat musim, dibagi dalam empat kuadran, masing-masing berpakaian dengan cara yang berbeda. Pizza dengan panas salami, pepperoni Amerika pizza, sebaliknya ditemukan di wilayah Calabria Selatan Naples, di mana jenis sosis panas diproduksi.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment